Tuesday 14 November 2017

Semua yang Harus Diperhatikan Sebelum Menginstall Custom ROM




Hasil gambar untuk Custom ROM
Custom ROM adalah sebuah Firmware android baik murni (AOSP) ataupun modifikasi yang dibuat khusus sesuai dengan masing-masing tipe perangkat android.
Banyak sekali Custom ROM Official yang sudah bertebaran di jagad internet ini, contohnya adalah Resurrection Remix (RR) dan AOSP Extended (AEX) yang merupakan sebagian dari Custom ROM terlaris di semua perangkat.


Jika anda berencana untuk mencicipi Custom ROM (cusrom), tidak bisa sembarangan menginstall. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

1. Perangkat sudah dalam keadaan root
    Root merupakan hal yang wajib untuk memodifikasi perangkat android anda. Banyak aplikasi di playstore yang bisa digunakan untuk membuka akses root pada perangkat anda seperti Magisk Manager & Kingroot contohnya. Ada juga beberapa perangkat android yang bisa terlebih dahulu memasang Custom Recovery baru kemudian menginstall flashable zip root melalui recovery.

2. Mengistall Custom Recovery
    Custom Recovery yang paling terkenal adalah CWM dan TWRP. Untuk TWRP anda bisa download di sini sesuai dengan perangkat anda masing-masing.

3. Memilih Custom ROM yang Tepat
     Dalam memilih cusrom, banyak yang harus diperhatikan. Dan yang paling utama adalah bug dari cusrom itu. Kita bisa mencari tahu segala bug yang ada melalui grup yang tersedia untuk masing-masing perangkat ataupun anda bisa menghubungi Developer dari cusrom tersebut yang biasanya tertera di bagian Credits dalam thread cusrom itu.

4. Melakukan Backup Aplikasi/Firmware yang sedang Digunakan
    Dalam membackup aplikasi, sangat disarankan untuk menggunakan Titanium Backup. Dan untuk membackup Firmware anda bisa menggunakan Custom Recovery yang sudah terinstall.

5. Melakukan Wipe sebelum menginstall Custom ROM
    Setelah selesai membackup, maka kita bisa dengan lega menginstall flashable zip cusrom. TETAPI jangan pernah lupa untuk melakukan wipe sebelum menginstall zip cusrom, yang paling recomended  adalah wipe data, cache, serta dalvik cache. Baru kemudian menginstall flashable zip cusrom tersebut. Setelah selesai penginstalan, anda akan mereboot perangkat, waktu yang dibutuhkan untuk memulai system tidaklah cepat yaitu sekitar 10-15 menit normalnya.

6. Bagaimana jika Stuck saat Boot ?
     Untuk memastikan perangkat gagal Booting (Bootloop) sebaiknya anda menunggu hingga 20-30 menit. Jika sudah yakin perangkat anda mengalami Bootloop, anda tidak perlu khawatir karena sebelumnya anda sudah membackup Firmware yang anda gunakan sebelumnya.
Hal yang harus dilakukan pertama-tama adalah masuk ke mode recovery (biasanya dengan kombinasi tombol hardware yang ditekan bersamaan). Saat berada di mode recovery, anda bisa memilih menu restore dan install file hasil backup anda.

7. Penyebab terjadi bootloop
    - File ZIP Corrupt, biasa terjadi ketika proses download yang terputus.
    - Lupa melakukan wipe


Demikian penjelasan saya yang mungkin berguna untuk anda, selamat beraktifitas.

No comments:

Post a Comment

Bebas komen asal sopan Bro & Sist .. :)